2 Januari 2010

Kemiripan Yuna (FFX) Dengan Lan Wei (SOE)

Dua tahun yang lalu saya pernah memainkan game PC, Seal Of Evil (SOE). Biar tampilan grafiknya biasa-biasa saja, tetapi saya suka sama ceritanya dan terlebih lagi ini adalah game RPG (genre game favoku) ^^v Klo game FFX ini sudah game lama (tahun 2002), tetapi saya yakin para fans FF masih ingat sama Yuna.

Latar belakang dalam cerita SOE berada pada periode kekaisaran Cina (476-206 SM), dimana pada zaman ini lahir pemikir terbesar Cina (Confucius dan Mencius) dan juga adalah masa dibangunnya Tembok Raksasa Cina. Sedangkan latar belakang dalam cerita FFX berada di dunia fantasi (namanya Sphira).



Ok, saya pengen membahas sedikit tentang kedua gadis ini :
- Yuna adalah seorang seorang gadis cantik dan Lan wei jg adalah gadis yang cantik (bedanya yg 1 pakaian kimono, yg 1nya lg pakaian cina) cukakakak *kidding*

- Ayah mereka (Yuna dan Lan Wei) sama2 meninggal demi melindungi rakyat mereka (bisa disebut pahlawan).

- Yuna dijaga sama seorang guardian 'beast' (suku Ronso), namanya Kimahri. Lan Wei juga dijaga sama seorang guardian 'beast' namanya Liang Hu. kedua 'beast' ini (Kimahri dan Liang Hu) sama2 mendapatkan hinaan dari 'beast' lain sehingga mereka pun harus membuktikan kekuatan mereka sebagai 'the best beast'.

- sama2 jago sihir (pokoknya lawan musuh gak pakai pukulan kyk Tifa, tomboy euy!) :p
- sama2 bawa staff (iyalah masa bawa golok) hehehe...

- Petualangan mereka didampingi kekasih yang selalu melindungi mereka dari bahaya serangan musuh, dan cowok lain. hehehe~

Kemudian dalam cerita SOE, menceritakan warga Baiyue (sukunya Lian Wei) memuja dewa pelindung yang bernama 'Chi You', mereka sangat patuh dan percaya Dewa 'Chi You' adalah dewa bagi bangsa mereka.

Sampai ketika Lan Wei berhasil mengumpulkan kelima batu Empyrean Stones (lima batu ini mempunyai kekuatan, dan iming2 bs menghidupkan kembali orang yang telah meninggal). Ternyata kelima batu ini adalah batu yang menyegel Dewa 'Chi You' ( Chi You disegel oleh Yellow Emperor), maka bangkitlah Dewa jahat ini dan menjadi masalah besar dunia.

Secara umum yang menjadi persamaan dalam kedua cerita game ini adalah:

- Rakyat Sphira percaya Dewa 'Yu Yevon' adalah dewa pelindung mereka (sesuai tradisi), dan ternyata 'Yu Yevon' adalah dewa yang bersembunyi dibalik tubuh Sin dan mengontrol Sin untuk menghancurkan dunia Sphira.

- Rakyat Baiyue percaya Dewa 'Chi YOu' adalah dewa pelindung mereka (sesuai tradisi), dan ternyata 'Chi You' adalah dewa yang membodohi rakyat Baiyue, Chi You adalah dewa jahat yang mencoba menguasai dunia dalam kejahatan.

- Akhirnya mereka harus melawan dewa jahat yang berpura-pura baik, dan ternyata adalah musuh besar tersembunyi umat manusia.

Dalam kedua game ini, kita dibawa mendalami cerita yang sangat epik (heroik), petualangan, perjuangan yang bukan untuk diri sendiri melainkan untuk kelanjutan hidup orang banyak, melawan tokoh antagonis, serta menikmati kisah percintaan karakter game (biasa, udah bumbu cerita hohoho~).

~sekian~
by: Sakidaka.

Tidak ada komentar: