17 April 2009

Mandala Renon - Denpasar

Ketika berkunjung ke Bali, kebanyakan yang terbayang dipikiran wisatawan adalah pantai, souvenir, makanan atau lainnya. Nah disini saya ingin menceritakan sedikit tentang Monumen Bajra Sandhi Niti Mandala Renon yang terletak di pusat pemerintahan kota Denpasar (Renon) tepatnya di tengah-tengah Lapangan Renon.


Monumen ini terletak di tengah-tengah Lapangan Renon dan sangat menarik perhatian orang karena mempunyai desain khas arsitektur Bali serta bahan bangunannya yang khusus (sepertinya batu alam) dan bukan dari beton. 

Monumen ini berasal dari ide Dr. Ida Bagus Mantra (mantan Gubernur Bali) pada tahun 1980, kemudian ide untuk membangun monumen ini kemudian disebarkanlah sayembara untuk desain monumen tersebut, sayembara pun dimenangkan oleh Ida Bagus Yadnya, seorang mahasiswa arsitektur Fakultas Teknik Universitas Udayana. 

Lalu pada tahun 1988 mulai dibangun monumen ini, dan selesai sekitar 13 tahun. Tahun 2001, bangunan fisik monumen telah selesai, kemudian pengisian dan penataan lingkungan monumen dilakukan, Dan dibuka secara umum pada bulan Juni 2003 dilakukan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri (Presiden RI pada waktu itu).

Lokasi ini berada tepat di depan Gedung kantor Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali, dengan luas tanah 138.830 meter persegi dan luas bangunan 4.900 meter persegi, dan merupakan tempat bersejarah dimana dahulu para rakyat Bali melawan penjajah yang kemudian dikenal dengan nama "Perang Puputan", dan monumen ini di dirikan untuk menghormati para pahlawan dan perjuangan rakyat Bali.

Untuk masalah koleksi monumen ini adalah menampilkan perjuangan rakyat Bali. Terdapat 17 dioarama diantaranya mengisahkan perjuangan di zaman kerajaan Bali saat menentang penjajahan. Disini ada miniatur dan catatan sejarah yang menjelaskan perjuangan rakyat Bali sewaktu menentang penjajahan, lukisan khas Bali, perpustakaan, dan kerajinan Bali. Kemudian bila anda menaiki di menara yang tingginya puluhan meter, bisa mendapatkan pemandangan kota Denpasar dari sudut menara.

Kemudian Lapangan Renon (lapangan luas yang mengelilingi bangunan Monumen Niti Mandala Renon ini), adalah lapangan tempat masyarakat Denpasar (atau yang dari dekat kota Denpasar, contohnya Sanur) melakukan aktivitas olah-raga atau refreshing terutama diakhir pekan. Lapangan ini bebas dan terbuka untuk semua orang, dan jangan lupa bawa kamera foto-foto disini karena bangunan ini menurutku sangat unik dan bagus. ^.^

Tidak ada komentar: