21 Maret 2010

Beberapa Tips Keamanan Menggunakan Facebook

Dalam dunia teknologi informasi, bukan suatu hal yang mustahil terjadinya penjebolan sistem (cracking), walaupun sistem tsb telah dirancang sedemikian rupa, tetap selalu ada celah kelemahan yang bisa di susupi oleh para cracker (populernya disebut hacker).
Belakangan ini terlalu banyak user FB (facebook) yang accountnya di hack orang lain, termasuk diantaranya teman saya sendiri, mengapa? Karena diluar sana telah ada bermacam-macam tools yang digunakan untuk menghack account FB orang lain.

Beberapa tips yang bermanfaat bagi pengguna facebook untuk menjaga keamanan dalam bermain facebook :

1. Selalu login ke facebook melalui https://www.facebook.com (seharusnya lebih aman)

2. Jangan menampilkan alamat email Facebook anda pada INFO (Tab sebelah Wall/Dinding), anda bisa mengeditkan menjadi lebih pribadi.

3. Jangan sembarangan menerima request grup yang tidak dikenal, contohnya grup Bagaimana mengetahui orang yang melihat Dinding anda, atau Dapatkan Chips 1M per hari, atau grup yang menjanjikan Reward Point games. Karena itu adalah hal yang konyol, kebanyakan dari grup tsb bersifat SCAM.

4. Jangan men-share alamat email FB anda pada sembarangan orang, pastikan itu adalah teman anda yang bisa dipercayai.

5. Bila anda melihat suatu link yang menghubungkan ke situs lainnya (link yang tidak familiar), harap waspada, karena banyak teman saya yang account FB nya di hack dengan cara seperti ini.

6. Gunakan password yang panjang dan dikombinasikan dengan karakter spesial.

7. Blok orang yang tidak dikenal dalam setting privasi account. Jagalah privasi account FB anda dari orang yang belum anda kenal dengan baik.

8. Sebisa mungkin jangan melakukan transaksi kredit untuk membeli sesuatu di facebook.

9. Scanlah computer anda bila terasa janggal dengan antivirus local dan antivirus internasional, karena saya beberapa kali mendapatkan virus sehabis bermain FB, dan virus-virus tsb telah saya hapus dengan memakain AVG terbaru dan SMADAV terbaru.

Sekian sedikit tips dari saya, tips selebihnya silakan gunakan pencarian google. Terimakasih.

Tidak ada komentar: